Thursday, 06 March 2014 08:47

Perbedaan Sate Indonesia dan Jepang

Written by 

Indonesia memiliki sate yang merupakan makanan khas dari daerah Madura atau sering disebut sate madura. Sate Indonesia biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap dengan irisan cabai dan bawang merah. Sate ini biasanya terbuat dari daging ayam atau daging kambing. Proses memasaknya dengan cara dibakar yakni di bakar di atas arang. Selain Indonesia yang memiliki makanan sate ternyata Jepang juga mempunyai resep masakan yang ditusuk dengan tusukan ini. perbedaan yang benar sangat nyata bahwa menu sate Indonesia sudah ada sejak 200 tahun lalu lebih tua , sedangkan usia sate Jepang baru 50-an tahun setelah Perang Dunia kedua.

Adanya perbedaan antara sate Indonesia dan sate Jepang terletak pada porsi sate dan bumbunya serta bahan bakar yang digunakan dengan arang. Sate Indonesia dagingnya terbuat dari daging ayam dan kambing sedangkan sate Jepang dari daging ayam dan bakso. Selain perbedaan daging bumbu sate Jepang lebih rapih dengan daging yang lebih rata dibakar yang dibanding sate Indonesia yang tidak rata dibakar bahkan ada yang gosong yang berlumur bumbu kacang. Sate Jepang lebih terasa gurih dan asin, sedangkan sate Indonesia lebih gurih dan manis karena memakai kecap manis.

 

Umumnya tukang sate di Jakarta dengan arang yang berasal dari batok kelapa sehingga daging cenderung gosong. Sedangkan Jepang menggunakan kayu yaang biasa disebut arang bincotan. Namun yang menarik arang bincotan itu sendiri berasal dari Indonesia yakni daerah Sumatera. Ini yang membuat rasa dan bentuk sate jepang dan sate Indonesia berbeda karena sate Jepang tidak berwarna hitam (gosong) dan tidak banyak berminyak karena hanya dibumbui dengan garam. Jepang membeli garam dan kecap yang dilumuri pada sate ini dari Bali.

 

Hirohisa Koyama merupakan chef terkemuka di Jepang melakukan seminar yang bertajuk Menggali Budaya Kuliner Jepang serta Kaitannya dengan Indonesia. seminar yang berlangsung di Restoran Basara ini dihadiri oleh Presiden NPO Nippon Culinary Exchange Institute yang juga pemilik restoran Aoyagi di Tokushima Jepang dan Basara Jakart. Mereka mencoba untuk membedah perbedaan antara sate Indonesia dan sate Jepang. Menurut Koyama sate Indonesia dan sate Jepang berbeda terutama pada daging ayam dan kambing serta bumbu dan cara memasak.

 

Sate Indonesia dagingnya lebih gosong justru itu tidak bagus bagi kesehatan. Bahkan saran dari Koyagama tentang sate Indonesia terutama proses pembuatan sambal yang harus mengurangi minyak untuk bumbu kacang. Hal ini dilakukan agar sate yang dimakan tidak mengandung lemak yang berlebihan untuk tubuh.

 

Read 7573 times

Comment Us

http://www.mentarimedia.com/blog-jasa-pembuatan-website-design-advertising-surabaya-mentarimedia/content/4-profile-jasa-pembuatan-website.html
How to get Coral Bonus full info